Alternatif perkerasan Jalan dengan Paving blok

Paving Blok sebagai alternatif nahan untuk penutup permukaan jalan ayau bangunan sekarang sudah sangat banyak digunakan . Paving blok bagus digunakann pada tanah dengan permukaan yang rata dan datar. Produsen paving blok sudah banyak dan kita dapat memilih pola atau pun bentuk sesuai dengan selera kita dan kekuatan berapa yang kita harapkan tergantung peruntukannya. Pemakaian paving sekatng banyak digunakan untuk halaman kantor , gydang , parkir kendaraan dan jalan raya dengan beban yang berat.
Penggunaan Paving Blok sangat baik pada lahan yang datar dan dasar yang sudah dipadatkan , ketika paving sudah dipasang akan terlihat bagus dan elok dan akan mempunyai ketahananan yang baik. Dengan bermacang bentuk paving di pasaran yang beraneka ragam maka kita bisa merencanakan efek yang ingin di timbulkan dengan pemasangan paving tersebut. Bentuk paving bermacang macam macang ada segiempak, bujursangkar , segi tiga , atau pon bentuk hexagonal sesuai desain kita. Bisa juga paving blok kita bentuk dengan finishing atas cat yang warna warni dengan gambar gambar yang indah , dan itu menjadi seni tersendiri yang bisa dinikmati pemakainya.
Ada beberapa jenis paving yang dipasaran , tetapi intinya terbagi menjadi 2 macam yakni paving blok press dan paving blok cetak manual . Ketebalan bervariasi antara 4 cm sd 12 xm tergantung penggunaan nantinya untuk beban yang akan melewati permukaan tersebut, Memang untuk ketebalan yang besar biasanya adalah pesanan khusus. 
 
Ada dua tipe dasar dari paving blok yakni  paving blok press  dan paving blok cetak manual. Paving blok yang tersedia dalam berbagai ketebalan, dari  tebal 4 cm sampai tebal 10 cm. Bahkan saat ini sudah diproduksi dengan ketebalan 12 cm  untuk aplikasi beban yang sanat berat,  tetapi biasanya jenis ini diproduksi hanya berdasarkan pesanan khusus saja
Ketebalan 4-6 cm lazim digunakan untuk penutup halaman rumah , untuk penggunaan jalan umum biasanya dengan ketebalan 8 cm , dan  untuk ketebalan diatas 10 cm digunakan untuk pelataran parkiran pelabuhan dan bandara yang memerlukan landasan untuk menahan beban yang berat.
 
Paving Blok dapat di beri earna dengan bahan pewarna  beton , biasanya beberapa bentuk oksida logam. Pewarnaan paving dapat berupa hanya pewarnaan yamh sifatnya adalah dilakukan setelah paving tersebut tercetak . ataupun menggunakan teknik mix wajah di,ama pada proses ini pewarnaan dilakukan pada bahan pencampur dasar , 
Keuntungan dari penggunaan paving blok adalah pelaksanaan mudah dan tidak memerlukan alat berat serta dapat di produksi masal . Disamping itu pemeliharaannya mudah dan dapat dipasang kembali sedang kelemahannya adalah mudah bergelombang apalagi untuk jalan dimana kendaraan memelukan kecepatan tinggi, dan memang lebih cocok untuk jalan jalan di pemukiman atau halaman parkir/
Pemeliharaan 
Pemeliharaan paving blok sangat penting dilakukan agar paving blok awet dan tahan lama.pemeliharaannya dengan membersihkan atau menyapu untuk menghilangkan debu . Kadang kala karena sudah lama pada bagian sambungan antar paving atau di atas paving mulai tumbuh rumput atau jamur . Untuk itu segara dilakukan penyikatan pada bagian tersebut atau diberi obat pembunah gangggang atau jamur tersebut . Dan rumput yang tumbuh di sela paving perlu di cabut karena akan merusak paving . Dan hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah permukaan paving janagn sampai lama tergenang oleh air . Darainase harus segera di perbaiki karena genangan air akan menyebabkan kelemahan pada sambungan paving blok.

video :wismanaadi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *